Saturday, November 19, 2016

Cara sukses bangun rumah

Kenali Ancaman Kegagalan/Kesalahan/Kerugian Yang Paling Sering Terjadi. 




Bicara mengenai ukuran keberhasilan didalam membangun sendiri tentunya tidak terlepas dari tujuan-tujuan utama yang mungkin secara spesifik akan terurai sebagai berikut;

1.  Yang Utama mungkin adalah “Rumah berhasil selesai dibangun dengan tuntas”.

Bagaiamanapun kurang memuaskan hasilnya, tidak sesuai dengan keinginan ataupun pemborosan karena bongkar pasang, namun jika rumah bisa sampe tuntas terbangun tentu setidaknya  akan melegakan hati pemiliknya.

2.  Biaya pembangunan tidak membengkak sesuai dengan budget yang telah ditentukan.[cara cegah biaya pembangunan rumah membengkak]

Perlu diingat bahwa motivasi dan keputusan untuk membangun sendiri adalah demi mencapai pengeluaran biaya yang relative lebih murah dibanding jika membeli rumah siap pakai yang disediakan developer.

Penyebab budget membengkak yang paling sering terjadi adalah kasus bongkar pasang, baik itu disebabkan kesalahan pengerjaan maupun perubahan rancangan oleh pemilik tanpa berkonsultasi dengan perancang ahli atau arsitek.

Karena tanpa adanya penguasaan teknis yang memadai, sering tidak disadari akan adanya konsekuensi biaya extra yang cukup sebagai akibat dari perubahan-perubahan yang dilakukan secara spontan di lapangan.

Untuk itu sangatlah disarankan untuk mencoba sebisa mungkin disiplin melaksanakan pengerjaan pembangunan sesuai yang telah direncanakan. Dan sekiranya memang dirasa perlu adanya perubahan dan penyesuaian desain,


mintalah pendapat dan konsultasikan dengan perencana atau arsitek, kecuali jika memang anda betul-betul memahami dan berpengalaman dalam membuat bangunan rumah.


3. Rasa bangga mungkin akan timbul dan menjadikan kepuasan hati manakala melihat  rumah impian berhasil dibangun sesuai dengan apa yang telah dibayangkan sebelumnya.




"Adakalanya seseorang tertarik dan terinspirasi oleh suatu bangunan, hingga timbul keinginan untuk menerapkan ide tersebut pada bangunan miliknya"

Hal itu sangat mungkin, selama imaginasi dan angan-angan juga didukung dengan ketelitian terhadap skala atau proporsi dan situasi. Artinya kita tidak bisa hanya mengambil sepotong bagian dari sumber ide itu dan kemudian mengaplikasikan pada bangunan kita tanpa mengindahkan bagian- lainnya. 

Perlu didari bahwa keindahan obyek yang kita lihat itu tidaklah menjadi indah hanya karena satu bagian dari obyek itu saja. Obyek itu bisa menjadi tampak indah dikarenakan beberapa hal yang saling terkait seperti, kesatuan bentuk, proporsi, kontras serta keseimbangan skala, yang secara keseluruhan tidak dapat dilepaskan ataupun berdiri sendiri-sendiri.

Sebagai contoh, misal kita suka pada model mobil sedan merk mercy, dan khususnya suka dengan model lampunya, dan kemudian kita coba untuk menggunakan lampu tersebut untuk dipasang pada mobil Toyota Kijang. Bisa anda bayangkan, yang terjadi mungkin malah mobil Toyota kijang itu jadi tampak aneh, tidak memiliki kesatuan dan kehilangan ciri dan karakternya sendiri.


Namun demikian tidaklah berarti kita tidak bisa mengambil inspirasi dari satu bagian obyek yang kita suka. Tentu saja bisa, selama inspirasi itu diaplikasikan secara bijak dengan mengindahkan faktor-faktor komposisi, kesatuan, proporsi dan sebagainya.


Sekali lagi, untuk hal ini mintalah bantuan tenaga arsitek, atau khususnya untuk anda yang gemar otak atik, bisa mencoba mengaplikasikan lebih dulu dalam bentuk gambar 3 dimensi yang banyak disediakan secara cuma-cuma, baik untuk aplikasi computer maupun android.

  



Dibawah ini saya akan coba mengidentifikasi penyebab dan akibat dari kegagalan membangun rumah yang kerap muncul khususnya bagi masyarakat awan kontruksi yang membangun sendiri rumahnya.


Kendala kegagalan pada aspek Pembiayaan
    (Dompet Jebol) 

1. OVER BUDGET bongkar pasang karena kesalahan pengerjaan
Penyebab :
-
Tidak ada gambar rencana dan gambar kerja
-
Kesalahan Tukang - Tukang tidak/kurang memahami gambar rencana.
-
Kurang cermat / sembrono dalam pengawasan ukuran,
 siku-siku, waterpas leveling  dan sistim lot bandul untuk ketegakan
akibat  :
-
material terbuang, upah kerja tanpa hasil, durasi pembangunan molor
-
Biaya pembangunan membengkak - pemborosan yang sia-sia, kualitas bangunan kurang baik




2. OVER BUDGET bongkar pasang karena perubahan rencana
Penyebab :
-
Perencanaan tidak matang..
-
Pemilik berubah-ubah keinginan, Ide spontan,
terinspirasi bangunan lain yang belum tentu cocok, tidak disiplin dengan rencana yang sudah dibuat.
-
Kesalahan Tukang - Tukang tidak/kurang memahami gambar rencana.
-
Kurang cermat dalam pengawasan

akibat  :
-
material terbuang, upah kerja tanpa hasil, durasi pembangunan molor.
-
Biaya pembangunan membengkak, biaya habis dan rumah tidak tuntas terbangun


3. OVER BUDGET perencanaan kekuatan struktur yang berlebih/ terlalu kuat/ tidak diperlukan.

Penyebab :
-
Kurang mengerti prinsip-prinsip struktur bangunan
-
Salah perbaindingan Adukan
-
Tidak berkonsultasi dengan ahli kontruksi
-
Tidak ada gambar kerja/ detail kontruksi

akibat  :
-
material boros, upah kerja boros, durasi pembangunan molor.
-
Biaya pembangunan membengkak, biaya habis dan rumah tidak tuntas terbangun


4. BUDGET KURANG - biaya tidak cukup 
Penyebab :
-
Over Budget seperti pada point 1 s/d 3 diatas
-
Tidak ada perncanaan biaya dan perhitungan RAB
akibat  :
-
rumah tidak tuntas terbangun.

"Teman saya bilang, supaya bangunan rumah kita kuat, tiangnya harus besar,.. tapi seberapa besar,..? kan repot,.. kalo kurang resikonya runtuh, sementara kebesaran, ya rugi dong biayanya...  Nah,. kalo mau tau, ya harus tanya ahli struktur dan kontruksi,.. atau belajar dan mencoba memahami teorinya,.."


untuk anda yang betul-betul merasa awam, bisa coba membaca panduan dari salah satu artikel saya tentang Teori Praktis Struktur Rumah Sederhana. 


Demikian sedikit ulasan mengenai resiko/ancaman kegagalan yang mungkin akan anda hadapi.
Namun demikian tidaklah perlu terlalu kuatir,..
Tanpa tantangangan, hidup juga menjadi kurang menarik bukan,,. mungkin yang diperlukan adalah konsentrasi serta pikiran bijak mempertimbangkan langkah-langkah yang paling menguntungkan didalam mengambil keputusan pengeluaran biaya. 

Mungkin akan lebih menguntungkan menyiapkan pengeluaran extra yang memberikan kemudahan dan mengurangi banyak resiko pemborosan akibat kesalahan, dibanding dengan mencoba lebih hemat dengan menekan biaya extra akan tetapi justru mengakibatkan pemborosan dan kerugian dikemudian hari.

Sebagai contoh, memasang flushing pengarkhiran genteng pada dinding sopi2.(atau sering dibahasakan ban2-an oleeh tukang). Saya merekomendasikan untu memasang talang BJLS dibasah genteng serta kawat ayak sebagai tulangan, sebelum dilakukan plester dan aci pada flushing. Spertinya ada extra biaya yang harus dikeluarkan, baik untuk material maupun upah tenaga kerja.

Beberapa orang memlih untuk langsung membuat flushing tanpa talang dalam ataupun kawat ayam dan kemudian memberikan lapisan anti bocor seperti Aqua proof, nodrop,dsb. Memang alternatif itu bisa digunakan untuk beberapa saat. Namun sifat beton rentan karena pengeringan yang tidak merata, agregat yang tidak bersih dsb, ataupun akibat adanya pergerakan, yang pada akhirnya terjadi retak dan mengakibatkan kebocoran,dan jika tidak segera di antisipasi / dilapis ulang bisa merusak bagian yang lain seperti plafon.
Kejadian ini akan terus berulang sehingga merepotkan penghuni..

Hal diatas adalah sebuah contoh kecil,. masih banyak lagi hal yang lebih crusial merepotkannya kalo tidak dilakukan dengan cermat dan bijak.. contoh lain,.. coba bayangkan jika ternyata pemasangan genting dilakukan dengan kemiringan atap yang salah, atau pemasangan gentingnya ga rapi, banyak yang ngangkang istilahnya,.. hujan deres dah bisa dipastikan air tempias masuk kesela genting mengakibatkan bocor dimana-mana.. haduuuhh..!

Nah sobat.. sementara sekian dulu,..
Mudah2an artikel ini bisa bisa menjadi masukan untuk berfikir lebih cermat, hemat dan tepat pada sasaran..


Selamat membangun..


Artikel terkait.
-
Bayar Arsitek Mahal.. Apakah betul..?
Membayar ahli untuk mendapat gambar rencana/ gmbr pedoman kerja akan 2 s/d3 x lebih hemat dimanding pengeluaran xtra       dan sia-sia karena kesalahan pengerjaan. (Cara efektif mencegah pemborosan biaya bongkar pasang)

-



-
Panduan untuk Merencanakan Membangun Rumah Impian


Resiko bongkar pasang akibat perubahan rencana


-
Jangan berfikir tembok rumah anda harus mampu menahan tembakan meriam. (kekuatan struktur yang berlebih/ terlalu kuat hanyalah pemborosan tanpa manfaat ).

-
Pilih Rumah lebih kecil tapi jadi, atau pilih rumah besar setengah jadi. (dengan keterbatasan anggaran, mana yang akan anda prioritaskan)





No comments:

Post a Comment